Slider

Recent Tube

Wisata

News Scroll

Favourite

Event

Culture

Gallery

» » » Berburu Makanan Laut Khas Kampung Panau Batam

Desa Kampung Panau Batam
Desa Kampung Panau Batam - Kampung Panau adalah sebuah kampung nelayan di daerah Kabil, Batam. Kampung Panau memiliki pantai berpasir kuning. Pantai ini panjangnya kurang dari satu kilometer. Terjepit di antara kawasan industri. Di sebelah kanan pantai dibatasi oleh PT. Nexus Indonesia. Di sebelah kiri berbatasan dengan PT. SMOE Indonesia. Kedua perusahaan offshore itu juga mereklamasi pantai hingga beberapa ratus meter ke arah laut, membuat pantai Kampung Panau tampak serupa teluk.

Saat laut surut, dataran pasir muncul sampai beratus-ratus meter. Ibu-ibu dan anak-anak pun turun mencari kerang. Sementara sang bapak turun memeriksa keramba, kalau-kalau ada ikan dan kepiting yang terjebak waktu air pasang. Tradisional sekali. Sebuah nuansa tradisional yang tersisa di tengah himpitan modernisasi Batam.

Ada salah satu rumah warga di pinggir pantai yang menjual hasil laut yang disebut Rangak. Rangak itu sejenis kelomang laut (seperti gonggong) tapi berukuran lebih besar. Karena beli langsung di nelayan, rangak dijual murah. Rp.1000 sampai Rp.2000 per ekor, tergantung ukuran rangak.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply

Silahkan ketik komentar anda di bawah ini yang bersifat membangun...