Slider

Recent Tube

Wisata

News Scroll

Favourite

Event

Culture

Gallery

» » » Pembentukan Kabupaten Kepulauan Anambas

Pulau Anambas Islands
Pembentukan Kabupaten Kepulauan Anambas - Kabupaten Kepulauan Anambas merupakan salah satu Pembentukan Kabupaten Baru yang ada di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Kabupaten Kepulauan Anambas beribukota di Terempa yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2008. Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau Indonesia.

Luas wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas keseluruhan adalah ± 46.664,14 Km², dengan luas lautan 46.033.81 Km2 (98,65%) sedangkan luas daratan 592,14 Km2 (1,35%). Untuk jumlah pulau keseluruhan adalah 238 pulau dengan yang berpenghuni 26 pulau dan yang belum berpenghuni 212 pulau. Batas wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas terdiri dari sebelah Utara yang berbatasan dengan Laut Cina Selatan, sebelah Timur Berbatasan dengan Laut Natuna, sebelah Selatan berbatasan dengan Kepulauan Tambelan sedangkan sebelah Barat berbatasan dengan Laut Cina Selatan.

Pulau Anambas sangat terkenal sekali dengan kekayaan sumber Minyak dan Gas buminya. Letak Kabupaten Kepulauan Anambas jika dilihat dari geografisnya di Indonesia, termasuk ke dalam pulau kontrol sebelah utara perairan Indonesia karena terletak berdekatan dengan negara luar. Jika diperhatikan letak posisi pulau Anambas di Asia Tenggara, wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas ini sangat strategis untuk dijadikan pulau singgahan dari berbagai negara karena terletak di jalur laut yang teramai di dunia. Apalagi jika dilihat posisi Anambas yang tidak terlalu jauh dari pelabuhan tersibuk di dunia seperti negara Singapore.

Pulau Anambas lebih berdekatan dengan gugusan Kepulauan Spratley atau Luconia yang diklaim oleh beberapa negara di Asia Tenggara dan Asia Timur seperti China, Malaysia, Philippines, Vietnam, Brunei Darussalam dan China Taipei. Dan sudah sepantasnya Pulau Anambas ini benar-benar diperhatikan oleh pemerintah untuk lebih memprioritaskan pembangunan wilayah ini.

Kabupaten Kepulauan Anambas berasal dari sebagian wilayah Kabupaten Natuna yang terdiri atas cakupan wilayah: Kecamatan Siantan, Kecamatan Palmatak, Kecamatan Siantan Timur, Kecamatan Siantan Tengah, Kecamatan Siantan Selatan, Kecamatan Jemaja Timur dan Kecamatan Jemaja.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply

Silahkan ketik komentar anda di bawah ini yang bersifat membangun...