94 Objek Wisata Kabupaten Lingga

Objek Wisata Kabupaten Lingga - Pusat Studi Pariwisata Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pernah diundang untuk memetakan dan menganalisis potensi objek wisata. Hasilnya, potensi yang ada di Kabupaten Lingga boleh dibilang luar biasa. Bukan apa-apa, ternyata Lingga memiliki sekitar 94 objek wisata yang bisa dikembangkan, baik di darat maupun di laut. Dari jumlah itu, sekitar 59 tempat merupakan lokasi wisata bahari yang berpotensi untuk dikembangkan. Di kawasan pantai misalnya, setidaknya ada 24 objek wisata yang menawan. Di antaranya, Pulau Berhala, Pantai Pasir Pandak di Desa Mepar, Pasir Panjang Karang Bersulam (Desa Mepar), Teluk Empuk (Desa Kerandin), Serum dan Kerandin (Desa Kerandin). Lalu, di Desa Kelumu ada empat pantai yang elok, yakni Penarik, Mentanak, Teluk Adab, dan Tanjung Ular.

Sementara itu, di Desa Sekanah ada dua pantai yang masih asri, yakni Sekanah dan Lundang. Sedangkan Pulau Senayang punya tiga objek pantai yang cukup memikat. Diantaranya seperti : Benan, Belakang, dan Laboh. Dabo Singkep diperkirakan minimal memiliki 6 objek pantai yang siap memanjakan pelancong, yakni Pantai Batu Berdaun, Pantai Indah Sergang Laut, Pantai Nusantara, Pantai Cemara, Pantai Tanjung Jodoh, Pantai Tanjung Sawang (Penat), dan Serang.

Objek Wisata Kabupaten LinggaSelain itu, tak jauh dari Daik Lingga, tepatnya di sebelah tenggara kota itu, terdapat kawasan pantai dengan balutan pasir putih yang aduhai cantiknya. Pantai tersebut masih asri dan relatif belum tersentuh berbagai kepentingan. Saking alaminya, di pantai itu belum ada sarana pendukung bagi kegiatan wisata. Jangankan penginapan dan rumah makan, sekadar untuk bilas air dan WC saja belum tersedia. Begitu juga dengan tempat parkir, masih terkesan apa adanya. Walaupun demikian, pengunjung masih tetap bisa berkomunikasi melalui telepon seluler (ponsel). Menurut M Eko Rudianto dalam bukunya "Lingga Warna-warni Bahari Negeri Bunda Tanah Melayu (2008)", pantai tersebut hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal. Sedangkan turis mancanegara belum ada yang singgah ke sana.

Di sisi lain, sepinya pemanfaatan tersebut justru memudahkan pengelola untuk mengembangkan potensi tersebut. Dengan demikian, pengelola bisa lebih mudah mengatur penataan lingkungan secara terpadu dan komprehensif. Berdasarkan studi Coremap (Coral Reef Rehabilitation and Management Program) II pada tahun 2008, Lingga memiliki berbagai objek wisata taman laut yang andal. Di antaranya, Pulau Burung, Pulau Hantu, Benan, Pulau Belading, Pulau Buaya, Sekeling, Berjung, dan Pulau Telur. Sayangnya, semua potensi menawan itu masih sangat sulit dijangkau. Akses antarwilayah masih sulit ditembus akibat minimnya sarana transportasi, baik darat, laut, maupun udara.

Ke depan, ketika berbagai sarana penunjang wisata sudah komplet, kawasan tersebut bisa menjadi idola bagi turis dari berbagai negara. Apalagi lokasi-lokasi Objek Wisata yang ada di Kabupaten Lingga berdekatan dengan Batam dan Singapura.
Tags:

4 comments

  1. semoga kawasan wisata itu bisa tertata dengan baik dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan

  2. Lingga
    kota yang berdaya tarik :)

  3. Di Indonesia emang banyak tempat2 wisata yang belum dioptimalkan pembangunannya sama pemerintah yah..

    sama dengan di daerah aku kalbar gitu, banyak objek wisata bagus tapi tempatnya kurang memadai dari segi transportasi dll

  4. Hmm ... mantap, tapi sayangnya pemerintah masih belum mau untuk mengembangkannya. Semoga suatu saat nanti terwujudkan.

Leave a Reply

Silahkan ketik komentar anda di bawah ini yang bersifat membangun...