Slider

Recent Tube

Wisata

News Scroll

Favourite

Event

Culture

Gallery

» » » Wisata Alam Gunung Muncung

Wisata alam gunung kabupaten linggaWisata Alam Gunung Muncung Dabo Singkep Kabupaten Lingga terletak di kota Dabo Singkep yang memiliki jarak tempuh sekitar 15 Kilo Meter dari pusat kota. Wisata Alam Gunung Muncung ini merupakan salah satu wisata alam gunung yang ada di Kabupaten Lingga setelah Gunung Daik yang terkenal dengan cabang tiganya. Berada ditengah-tengah pulau Dabo Singkep dengan ketinggian sekitar 450 Meter dari permukaan laut. Gunung Muncung ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Dabo Singkep.

Dari atas puncak Gunung Muncung Dabo Singkep ini, kita dapat menikmati pemandangan alam yang cukup menakjubkan. Panorama-panorama indah yang ada di sekitar pulau Dabo Singkep merupakan hiasan alam yang dapat di saksikan secara nyata dari atas puncak Gunung Muncung ini. Diantaranya seperti sunset, pulau-pulau kecil maupun pulau besar yang berdekatan dengan pulau Dabo Singkep. Menurut informasi warga setempat, dari areal lokasi Gunung Muncungg ini, kita juga dapat melihat secara nyata Pulau Sumatera jika kondisi cuaca alam yang memungkinkan.

Wisata Alam Gunung Muncung ini sering dijadikan oleh warga masyarakat Dabo Singkep terutama kaulamuda sebagai tempat rekreasi lintas alam seperti camping dan haiking. Untuk melakukan haiking, kita harus mendaki dengan berjalan kaki yang dapat ditempuh dalam waktu 3 sampai 4 jam. Selain tempatnya menantang dan alam yang indah disekitar gunung dengan segala flora dan faunanya alami, dikaki Gunung Muncung ini juga terdapat beberapa tempat wisata alam air terjun seperti Air Terjun Gemuruh dan Air Terjun Batu Ampar. Tidak hanya itu, tempat areal kaki Gunung Muncung ini dijadikan sebagai sumber air bersih untuk disalurkan kerumah-rumah penduduk warga masyarakat Dabo Singkep sejak tahun 1975.

Karakteristik Gunung muncung ini terdapat tiang tower pemancar televisi yang merupakan penghubung informasi antara warga masyarakat Dabo Singkep dengan dunia luar. Berdiri sekitar tahun 1978 yang di fasilitasi oleh perusahaan Timah Singkep dan sangat sering dikunjungi oleh warga Dabo Singkep terutama bagi warga yang bekerja di areal Gunung Muncung ini. Selain itu, Gunung Muncung ini memiliki 28 kelok (tikungan) yang lumayan terjal dan akses untuk menuju ke lokasi ini dapat di tempuh dengan menggunakan fasilitas kendaraan roda empat. Namun seiring waktu berjalan, tempat ini sudah tidak dapat diakses lagi dengan menggunakan kendaraan roda empat dikarenaka banyak rumput-rumput liar yang sudah menutupi jalan utama sebagai akses untuk menuju ke lokasi. Tidak itu saja, jalanan yang adapun sudah tidak layak lagi untuk ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua.
Wisata Gunung Muncung Kabupaten Lingga Dabo Singkep Kepri 1

Wisata Gunung Muncung Kabupaten Lingga Dabo Singkep Kepri 2

Wisata Gunung Muncung Kabupaten Lingga Dabo Singkep Kepri 3

Wisata Gunung Muncung Kabupaten Lingga Dabo Singkep Kepri 4

Sunset Gunung Muncung Kabupaten Lingga Dabo Singkep Kepri

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

6 comments:

  1. di dabo singkep ada gunung yang indah ya...

    sedj

    ReplyDelete
  2. salam sob
    wisatawa yang sangat indah sobatku...
    btw kemana nih yang empunya blog hehehe

    ReplyDelete
  3. aku pernah pakai motor vespa naik ke gunung muncung. waktu itu gunung muncung masih hutan dan hanya ada stasiun tv dabo singkep, sekitar taun 1972 an lah..
    saya bisa bernostalgia lewat foto2 nya..
    thanx buat yg udah bikin blog nya..

    ReplyDelete
  4. Luar biasa pariwisata di Indonesia, Jayalah Indonesiaku...
    Alam Indonesia akan tetap terjaga asal para penebang liar tidak merusaknya. Promosikan wisata Indonesia
    Silahkan juga kunjungi wisata indonesia lainnya http://www.gotravelindonesia.com/

    ReplyDelete
  5. tempat mainku waktu kecil ama ayahku nana suyatna/nanang (alm.). Tempat terindah dan penuh memori yg pernah aku temui. Semoga suatu saat nanti aku bisa kembali ke sana ama anak2ku dan istriku, amin..

    ReplyDelete

Silahkan ketik komentar anda di bawah ini yang bersifat membangun...